Jumat, 23 Desember 2016

Kawasan Kumuh Di Kabupaten Tabalong Mencapai 121,17 Hektar


Kawasan kumuh ada di Kabupaten Tabalong. Jumlahnya mencapai 121,17 hektar. Semuanya direncanakan akan tiadakan. Itulah tujuan kegiatan Lokarya Pencegahan dan Peningkatan Kulitas Pemukiman Kumuh Perkotaan (RP2KPKP) Kabupaten Tabalong di Pendopo Bersinar Pembataan, Kamis (22/12) kemarin.
Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan melibatkan banyak pihak. Diantaranya, Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Camat-camat di perkotaan, lurah dan desa di dua kecamatan, Tanjung dan Murung Pudak, serta sebanyak 25 Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), ditambah sejumlah perwakilan perusahaan swasta.
Sebelumnya, sudah dibentuk kelompok kerja perumahan dan kawasan pemukiman. Didalamnya menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tabalong H Abdul Mutalib Sangaji sebagai penangggungjawab dan Kepala Bappeda Tabalong, H Erwan sebagai ketuanya.

Agar lebih tepat sasaran, lokakarya menghadirkan perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Koordinator Kota Kumuh Kalsel, Konsultan Kawasan Kota Kumuh Kalsel. Mereka diminta untuk memaparkan bagaimana penuntasannya.
Kepala Bappeda Tabalong mengatakan, tujuan lokakarya untuk mengupayakan penuntasan kota kumuh. “Pengentasannya melalui sosialisasi dan menyusun strategi supaya tidak ada lagi kota kumuh di Tabalong tahun 2019,” jelasnya.
Ia menjelaskan, keberadaan kawasan kota kumuh disini, bukan berarti rumah yang tidak layak huni, melainkan juga terkait tidak adanya drainase diareal pemukiman warga. Ditambah, tidak adanya tempat sampah dan pengelolaan limbah rumah tangga.
Berdasarkan data Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Tabalong, sebanyak 13 kawasan kumuh di Tabalong. Mereka terdapat di Jangkung, Agung, Tanjung, Wayau, Hikun, Belimbing, Belimbing Raya, Mabuun, Pembataan, Kapar, Sulingan, Warukin dan Pulau. **MC Tabalong/Ir/ts
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

LOWONGAN KERJA

POPULER

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SYAMSUDIN NOOR BANJARMASIN